Saturday, December 15th, 2018

SENAPAN DARI POHON PISANG

Published on April 10, 2016 by   ·   No Comments

mainan_pohon_pisang4 Senapan yang sudah jadi

Permainan Tradisional Indonesia jaman dahulu, banyak ragamnya, seperti mainan Senapan dari pelepah daun pisang, asal usul mainan ini tidak diketahui. Permainan ini khas untuk laki-laki, untuk perang-perangan. Saat yang tepat dilakukan perang-perang kalau sedang liburan sekolah akan makin asyik saja, tempat permainan paling cocok di sekitar kebun Pisang, bila terjadi kerusakan Senapan-nya mudah untuk diperbaikinya.

Cara pembuatan

1. Siapkan bahan dua buah pelepah pisang ukuran kecil berdiameter 1,5 cm yang telah dibersihkan daunnya dipotong kedua ujungnya sepanjang kira-kira 90 cm, satu buah pelepah pisang ukuran besar berdiameter 2,5 cm sepanjang 50 cm. Sediakan juga lidi bambu atau lidi kelapa sepanjang 10 cm secukupnya dan pisau untuk memotong. Sedangkan daun pisangnya yang tidak digunakan bisa untuk  pembungkus Pepes, bila ibu anda akan membuat Pepes Ikan misalnya, jadi nggak ada bahan yang terbuang khan.

Siap bahan tiga pelepah pisang

2. Persiapkan sebuah pisau dapur dan Cutter

Siapkan pisau dapur dan Cutter

3. Buat lubang pada pelepah pisang yang diameter 2,5 Cm, pada bagian yang ditentukan (lihat gambar). Jarak antar kedua lubang yang dibuat adalah 10 cm

Membuat dua lubang

4. Pelepah ukuran kecil yang panjang diletakan di lubang paling depan, sebagai laras senapan, sedang pelepah yang lainnya diletakkan lubang kedua.

Masukkan dua pelepah pisang

5. Kedua pelepah pisang tersebut dilipat ke depan, dengan menyisakan pelepahnya untuk pegangan senapan. Jangan lupa waktu lipatan pelepah pertama dan kedua (pada kedua lubang) segera perkuat dengan lidi pada setiap bagian yang memungkinkan, biar tidak lepas

Melipat dua pelepah pisang dan diperkuat dengan lidi

6. Udah siap deh, untuk bermain perang-perangan

Semoga bermanfaat.

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!