Saturday, December 15th, 2018

Semboyan “Melayani Setulus Hati” Tidak Diterapkan Di BRI KCP Ciampea

Published on November 15, 2018 by   ·   No Comments

tatarsunda.com, Ciampea – Perlakuan kurang menyenangkan terjadi pada Albar, anak dari Almarhum Ahyar, nasabah Bank BRI Cabang Ciampea, Bogor saat akan meminta data pembayaran terakhir untuk pelunasan pinjaman nasabah yang bersangkutan, Rabu (14/11/18).

Pihak bank dan security, seakan mengoper Albar dari individu satu ke individu yang lain setelah dirinya menerima data sisa pembayaran pelunasan yang seharusnya di bawah satu juta, namun di atas satu juta lebih.

Merasa kecewa dan tak terima data tersebut, Albar pun menanyakan hal itu ke pihak bank, pasalnya Almarhum Ahyar selaku nasabah tidak pernah telat soal pembayaran.

Lebih dari itu, sama sekali tidak ada kebijakan maupun toleransi dari pihak BRI terkait pelunasan/pembayaran terhadap status nasabah yang meminjam namun meninggal dunia. Pihak bank bersikukuh bahwa nasabah tersebut harus tetap melunasi, walaupun yang meminjam tak mampu melunasi.

Prosedur dan kebijakan BRI yang seharusnya meringankan, terlihat malah memberatkan dengan memberikan tekanan terhadap nasabah yang meminjam di bank tersebut.

Tak hanya itu, pihak bank melalui petugas bernama Azis juga berdalih bahwa untuk program KUR (Kredit Usaha Rakyat) tidak dijamin asuransi. Semenrara dalam pinjaman ini nasabah menggunakan jaminan BPKB kendaraan bermotor.

Terkait hal ini, jauh sebelumnya Presiden Joko Widodo memastikan untuk KUR dari BRI sebesar Rp. 25 juta dengan bunga rendah 7 persen bagi pelaku usaha mikro bisa didapat tanpa dimintai jaminan apapun.

“Itu cuma bisa didapat di BRI lho ya, bukan bank lainnya,” kata Jokowi, saat peluncuran kebijakan penurunan pajak penghasilan (PPh) final bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) sebesar 0,5 persen di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Umar/Ed-Bogor

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!