Tuesday, June 19th, 2018

RANGINANG

Published on April 10, 2016 by   ·   No Comments

ranginang-bandung rasa.ajpg

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.

Di Jawa Tengah juga dikenal penganan yang sama yang disebut intip, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Perbedaan antara intip dan rengginang hanyakah ukurannya. Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dandang atau periuk penanak nasi. Rengginang dapat digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, asin atau manis. Ada jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

inilah cara pembuatan ranginang Sunda yang renyah dan gurih

Bahan-bahan:

beras ketan, 800gr

5 butir bawang putih, dihaluskan

1 sendok teh terasi

1 sendok teh garam

300ml air

Alat :

Cetakan berukuran bundar diameter 4cm

 

Cara Membuat Rengginang:

 

  • Beras ketan direndam dalam air selama kurang lebih tiga jam. Setelah itu dikukus dalam dandang hingga ketan setengah matang.
  • Didihkan 300ml air, tambahkan bawang putih, garam dan terasi. Jangan lupa di aduk-aduk hingga larut. Lalu masukan ketan dan masak sampai airnya berkurang dan habis. Kalo mau ketannya berwarna-warni tetesin pewarna makanan yuaa.?
  • Langkah selanjutnya yaitu pindahkan ketan yang sudah diberi bumbu tadi dalam sebuah dandang. Lalu di kukus selama kurang lebih 25 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan keluarkan.
  • Nah langkah selanjutnya adalah pencetakan. Selagi masih panas ketan dicetak dalam cetakan. Setelah semuanya selesai kemudian jemur di terik sinar matahari sampai mengering.
  • Setelah kering, langkah selanjutnya ketan udah siap digoreng nih sobat. Kita siapin dulu minyak gorengnya. Dipanaskan terlebih dahulu, jangan lupa juga goreng dalam minyak yang banyak yuaa.
  • Goreng sampai rengginang mekar dan matang. Setelah itu angkat, ulangi sampai semua selesai digoreng.
  • Rengginang renyah pun siap disajikan.

Readers Comments (0)

Comments are closed.

Tanggalan

June 2018
M T W T F S S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Baca Berita Lainnya

Alamat Redaksi

Jl. Raya Parung Km, 47,5 Plaza Haihoo Blok C No. 9 Telaga Kahuripan Bogor 16330 Hotline : 0856 902 9191 Sms : 0812 8420 9191 E-mail : sales@centerpoint.co.id
Technical Support
Admin

Sponsor Utama Besemah.com

bace bae ye lain