Thursday, May 24th, 2018

Posbakum Tatar Sunda Dampingi Konsumen Mediasi ke Citifin Finance

Published on January 17, 2018 by   ·   No Comments

PT. Citra Tirta Mulia atau yang biasa disebut Citifin Multi Finance Syariah merupakan perusahaan pembiayaan yang telah beroperasi sejak tahun 1989 dan telah mengalami 2 kali perubahan. Perusahaan pembiayaan ini memiliki visi menjadi Multi Finance Syariah yang tumbuh sehat dan berkesinambungan dengan misi di antaranya sebagai perusahaan multifinance syariah yang kompeten dan berkredibilitas tinggi serta fokus melayani pelanggan dengan berkualitas dan konsisten dan turut berperan dalam pengembangan keuangan syariah di Indonesia.

Namun demikian, visi dan misi tersebut nampaknya bertolak belakang dengan label “syariah” yang disandang pada perusahaan pembiayaan tersebut. Karena pada kenyataannya, dalam hal pelayanan kepada pelanggan perusahaan tersebut kerap banyak merugikan pelanggan, dan sama sekali tidak membantu meringankan beban yang dialami pelanggan.

Salah satunya terjadi pada seorang nasabah berinisial WS melalui suaminya EU saat melakukan pinjaman dengan mengagunkan BPKB mobil senilai 35 juta untuk modal usaha. Seiring waktu berjalan, usaha mereka ternyata bukannya mengalami kemajuan, namun semakin mundur bahkan bisa dikatakan pailit. Ini terjadi lantaran bersamaan dengan itu WS mengalami nasib buruk karena harus bolak-balik rumah sakit untuk perawatan penyakit jantung yang diderita.

Pada 27 Desember lalu, WS berniat melunasi semua hutangnya dengan upaya menjual kendaraan yang masih ada pada leasing. Untuk itu WS menguasakan pengurusan BPKB mobil tersebut kepada Tim Posbakum Lembaga Tatar Sunda dengan jalan negosiasi Pelsus (Pelunasan Khusus).

Selanjutnya, dengan didampingi Tim Posbakum, suami WS pun mendatangi Kantor Cabang Bogor dan disambut baik oleh Kepala Cabang Citifin Finance Syariah, Sukri beserta staff. Dalam negoisasi, saat itu terlebih dahulu mereka ditawarkan untuk melunasi tunggakan sebesar 13.700.000, yang terhitung sebagai denda, biaya penarikan dan administrasi. Parahnya biaya tersebut belum termasuk bunga berjalan. Setelah itu baru dibantu pengurusan Pelsus.

Saat itu, WS dan suami sangat mengharapkan dikabulkannya pelsus dan memperoleh kebijakan dari pihak Citifin dengan hanya membayar sisa pokok pembayaran. Untuk itu konsumen terpaksa mencari pinjaman ke kerabatnya guna melunasi tunggakan seraya berharap bisa terkabulkannya pelunasan khusus, lantaran mereka merasa sudah tidak sanggup lagi membayar dan jenuh berurusan dengan leasing.

Adapun pinjaman tersebut dengan rincian hutang pinjaman awal 35 juta denganangsuran 1.666.000/bulan selama 35 kali dan saat ini selaku pelanggan mereka sudah melakukan pembayaran sebanyak 19 kali atau sebesar Rp. 31.654.000. Namun jika menginginkan pelunasan, WS selaku konsumen diwajibkan membayar sebesar 29.700.000. Lantas dimana letak syariahnya? Bukankah secara hitungan nilai tersebut hampir 2 kali lipat dari pinjaman? Ironisnya lagi, hampir sebulan lebih konsumen digantung tanpa kepastian.

Untuk itu, pada 16 Januari 2018, tim posbakum dan EU kembali menghadap ke kantor Citifin Bogor dan menemui Sukri. Saat itu Kepala Cabang Citifin Bogor tersebut menolak permohonan konsumen dengan dalih keuangan kantor di luar banyak tunggakan dan sebenarnya di Citifin tidak ada “pelsus pelsusan”. Malah cenderung “lempar batu” dengan mengalihkan semua urusan ke kantor pusat untuk menghadap langsung direktur perusahaan.

Tidak konsistennya Sukri sebagai kepala cabang jelas menunjukkan bahwa kredibilitas tinggi yang ada pada perusahaan ini hanya “omong kosong”. EU selaku konsumen berharap, kasus ini dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat yang ingin menjaminkankan BPKB kendaraannya ke leasing, baik leasing biasa ataupun yang “berkedok syariah”. ED/DPG

Readers Comments (0)




Tanggalan

May 2018
M T W T F S S
« Apr    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Baca Berita Lainnya

Alamat Redaksi

Jl. Raya Parung Km, 47,5 Plaza Haihoo Blok C No. 9 Telaga Kahuripan Bogor 16330 Hotline : 0856 902 9191 Sms : 0812 8420 9191 E-mail : sales@centerpoint.co.id
Technical Support
Admin

Sponsor Utama Besemah.com

bace bae ye lain