Saturday, December 15th, 2018

PETAK UMPET

Published on March 22, 2016 by   ·   No Comments

Petak-Umpet

Permainan tradisional memang tak ada duanya. Buktinya, puluhan permainan anak-anak masih terbilang sangat eksis. Petak umpet salah satunya. Sebuah permainan anak-anak yang umum dimainkan hingga puluhan anak dalam satu kali putaran permainan. Sampai-sampai sebuah serial kartun ternama Masha&The Bear juga mengangkat tema petak umpet dalam satu buah episodenya. Hal ini wajar karena di luar negeri juga mengenal permainan petak umpet. Di manca negara permainan ini disebut dengan hide and seek.

Seperti puluhan permainan tradisional lainnya, dalam memainkan petak umpet diperlukan seorang penjaga yang bertugas mencari semua pemain yang bersembunyi sekaligus menjaga agar pos atau benteng sang penjaga agat tidak dikuasai pemain lainnya. Karena jika benteng ini tersentuh oleh pemain lain, maka permainan wajib diakhiri dan si penjaga lama wajib menjadi penjaga lagi.

Sebelum memulai petak umpet, semua pemain wajib melakukan hompimpa dan suit untuk menentukan pihak mana yang kalah dan wajib menjadi penjaga. Sang penjaga wajib menutup mata pada pos atau benteng yang telah ditentukan. Selanjutnya, tinggal hitung sesuai dengan kesepakatan. Hitungan inilah yang akan menjadi kesempatan para pemain untuk menentukan lokasi bersembunyi yang dirasa aman dari penglihatan dan jangkauan penjaga.

Setelah hitungan berakhir, penjaga dapat langsung berkeliling untuk mencari semua pemain yang bersembunyi. Namun demikian perlu diingat, bahwa selain bertugas menemukan semua pemain yang sedang bersembunyi, sang penjaga juga wajib menjaga benteng atau posnya agar tidak disentuh oleh pemain. Kawasan yang dapat dijadikan lokasi bersembunyi telah dibatasi pada area tertentu. Dan pemain tidak boleh melanggar batas yang telah ditentukan ini.

Pemain yang pertama kali ditemukan oleh sang penjaga merupakan bakal calon terkuat yang selanjutnya akan menjelma menjadi penjaga baru, tentu saja dengan catatan semua pemain dapat ditemukan oleh penjaga. Namun demikian pemain yang pertama kali ditemukan ini masih dapat selamat jika ada pemain lain yang berhasil menyentuh benteng penjaga. Menarik bukan travel lovers?

Selain mengenalkan pada cara menyusun stategi yang baik agar tidak mudah diketemukan oleh penjaga, petak umpet juga dapat menjadi ajang olahraga dan bersosialisasi dengan banyak teman dan lingkungan sekitar. Petak umpet paling cocok dilakukan di halaman rumah, apalagi di kawasan pedesaan. Selain masih memiliki area halaman yang luas, lingkungan pedesaan masih memiliki beragam spot menarik untuk bermain petak umpet. Tidak percaya? Coba saja!

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!