Tuesday, June 19th, 2018

Menilik tradisi dan budaya masyarakat Jawa Barat

Published on August 6, 2017 by   ·   No Comments

Masyarakat Jawa Barat terkenal dengan keramahan dn kelemah lembutan nya,serta rasa kekeluargaan dn jiwa gotong royong yang masih sangat membudaya serta kental dgn tradisi dan budaya. Salah stu nya adalah budaya tujuh bulanan di kota bandung Jawa Barat.
Tradisi tujuh bulanan sdh ada sejak zaman nenek moyang qt, hingga kini masih turun temurun tdk hnya di kalangan masyarakat Jawa Barat sj, bahkan masyarakat Jawa Timur pun mengikuti tradisi ini, hanya sj cara penyajian nya yg berbeda beda,Tetapi tujuan nya sama adalah untuk keselamatan si jabang bayi dn kelancaran di saat proses melahirkan tiba. Prosesi tujuh bulanan ini di adakan atw di laksanakan pada saat kandungan ibu hamil memasuki usia 7 bulan.
Berikut ini beberapa Prosesi tujuh bulanan tradisi kota bandung.

1.pengajian

Di mana seluruh tamu dan kedua orng tua, serta ibu hamil dan suami berkumpul melantunkan beberapa ayat2 suci Al quran sebagai ucapan syukur,serta doa untuk keselamatan bayi dn orng tua agar terhindar  dr sgala mara bahaya.

2.siraman

Saat nya sang ibu hamil melakukan siraman, di mana air siraman terdiri dr 7 macam bunga, satu persatu keluarga dn kerabat yg berjumlah 7 orang pun menyiramkan air bunga kpd ibu hamil, mulai dr suami, orang tua,dan kerabat. Konon Siraman ini di mksd kan untuk kebaikan sang ank agar berbudi pekerti luhur dan bs membawa kebahagiaan bagi keluarga di kemudian hari yg di lambangkan oleh 7 macam bunga pada air siraman.

3 . ganti kain

Selesai siraman,ibu hamil di gnti kan 7kain dgn motif yg berbeda beda . di mana
Menurut kepercayaan setiap motif pd kain tsb mempunyai makna dn arti yg berbeda beda.

4.Belah kelapa

Dalam Prosesi belah kelapa ini, suami membelah kelapa Gading yg sdh di gambar dgn tokoh wayang, yg memiliki sejarah cantik dn baik hati jika perempuan, serta gagah dan pemberani jika lelaki, belahan kelapa di di masuk kan ke dalam kain yang di kenakan ibu hamil, di maksud kan agar jika anak yang dilahirkan adalah perempuan akan cantik dn jika lelaki dia akan gagah dan pemberani seperti tokoh wayang yang di gambar kan pada kelapa.

5.memecahkan kendi

Pada tahap ini sisa air siraman di msukkan ke dlm kendi di tambah kan beberapa uang koin,kemudian suami dari ibu hamil membawa nya ke penempatan jalan, lalu memecahkan nya tepat di tengah tengah jalan.
Melambangkan jika si anak kelak akan bebas menentukan jalan hidup nya, sedang kan uang koin melambangkan anak nya kelak akn mudah mendapatkan rejeki, serta menjadi orang yang dermawan.

4.Beli rujak

Prosesi beli rujak ini adalah yg paling di tggu2 karena keseruan dan keunikan nya, bisa di katakan Prosesi inilah yang menjadi ciri khas bagi upacara Prosesi siraman ini. Di mana ibu hamil dan suami yang menjadi pedagang, serta para tamu yang menjadi pembeli. Satu persatu tamu undangan membeli rujak tumbuk yang bahasa Bandung nya( bisa sunda) di sebut rujak beubeuk. Para tamu membeli rujak beubeuk dgn menggunakan uang dari pecahan genting(genteng) dlm bahasa sunda nya, yg sdh di bentuk bulat sprti uang logam. Rujak beubeuk ini terdiri dari tujuh macam buah buahan.
Selain rujak beubeuk ini, para tamu pun di bekali kudapan atw jajanan tradisional yang terdiri dari 7 macam.
Begitulah tahapan-tahapan dari Prosesi tujuh bulanan khusus nya daerah Bandung.

Tradisi tujuh bulanan ini adalah salah stu bentuk kebudayaan yang memang hrs trs kita lestatarikan sebagai salah stu cara mempertahankan kebudayaan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,meski seiring berjalan nya waktu dan perkembangan zaman, pelaksanaan upacara tujuh bulanan ini pun menjadi sangat bervariatif dan berbeda beda. Tapi setidaknya kebudayaan warisan leluhur masih kita pertahankan. Semoga kebudayaan ini pun akan terus di pertahankan sampai kpd generasi anak cucu yang akan datang.

By : wanti cp.

Readers Comments (0)




Tanggalan

June 2018
M T W T F S S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Baca Berita Lainnya

Alamat Redaksi

Jl. Raya Parung Km, 47,5 Plaza Haihoo Blok C No. 9 Telaga Kahuripan Bogor 16330 Hotline : 0856 902 9191 Sms : 0812 8420 9191 E-mail : sales@centerpoint.co.id
Technical Support
Admin

Sponsor Utama Besemah.com

bace bae ye lain