Tuesday, October 16th, 2018

Marsekal Hadi tjahjanto menggantikan Gatot nurmantyo sebagai Panglima TNI

Published on December 9, 2017 by   ·   No Comments

Centerpoint media center, JAKARTA – Rapat Paripurna komisi I DPR, Kamis (7/12) telah menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menggantikan posisi Jenderal Gatot Nurmantyo menjadi Panglima TNI,. Marsekal Hadi merupakan pilihan Presiden Joko Widodo.Keputusan tersebut diambil setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan., menurut TB Hasanudin selakuWakil Ketua Komisi I DPR” 10 fraksi menyatakan setuju,ya aklamasi”,di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu kemarin.Marsekal Hadi Tjahjanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986.beliau sempat menjabat di sejumlah posisi strategis di lingkungan militer, tahun 2010, Hadi menjabat sebagai Komandan Lapangan Udara Adi Soemarmo.lalu kemudian, dia menjabat tugas di luar TNI AU menjadi Perwira Bantuan I/Rencana Operasi TNI dan Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara.Dua tahun setelah itu, Hadi kemudian menjadi Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional.Beliau pun pernah menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI AU (2013-2015, Hadi ditugasi menjadi Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia Presiden Jokowi dan pangkatnya naik menjadi Marsekal Muda.Pada bulan November 2016, Hadi dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan.dan setelah menjabat sebagai Irjen Kemenhan selama 3 bulan, Hadi terpilih menjadi KSAU pada 18 Januari 2017.dan kini hampir setahun kemudian,jum’at 8 desember 2017  Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI di Istana Negara. upacara pelantikan berlangsung pukul 16.30 WIB s/d selesai.acara pelantikan tersebut dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet, sejumlah pejabat dari Mabes TNI, mulai TNI AU, AD dan AL hingga pejabat Polri,dan pimpinan DPR juga terlihat hadir. Diantaranya Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan sejumlah Anggota Komisi I DPR RI.

 

Sementara itu ditempat Terpisah,sebelum pelantikan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjelaskan “Saya sebagai seorang prajurit, kalau sudah pensiun manakala negara memanggil, sekecil apapun saya siap, ya apapun yang diminta negara, nyawapun saya berikan,” tutur ?Gatot di Istana Bogor, Selasa (5/12) lalu.Menurut Gatot, kemungkinan maju untuk pertarungan Pilpres 2019 merupakan persoalan nanti, terlebih saat ini dirinya masih menjabat sebagai pimpinan tertinggi di tubuh TNI.”Saya katakan nanti sajalah kita lihat, sekarang ini kan secara defacto dan dejure saya masih Panglima TNI,” ucap Gatot saat itu.

Disaat kunjungan di Mako Kopassus, Cijantung,ia meneritakan kepada awak media bahwa beliau telah meminta kepada presiden untuk melakukan pelantikan lebih cepat.”Presiden jangan terlalu lama, sesegera mungkin,” begitu jelasnya.

Kini masa jabatan beliau sebagai Panglima TNI/AD sudah berakhir dan telah digantikan oleh marsekal hadi.berakhirnya Gatot menjadi panglima TNI dan memasuki masa pensiun, maka dirinya akan kembali menjadi rakyat sipil dengan segala hak dan kewajibannya.  

Dan saat sebelum masa jabatannya berakhir sebagai Panglima TNI. Gatot Nurmantyo menyambangi satuan-satuan elit TNI. Ia memulai perjalanannya ke markas Divisi 1 Kostrad, di Cilodong, Jawa Barat pada Kamis pagi (7/12/2017).kemudian beliaupun mengunjungi markas kopassus dicijantung,dalam lawatannya kecijantung beliau mengatakan,” disini saya tidak mengundang yang di Solo (Grup 2 Kopassus), saya mengundang Grup satu, kemudian dari Pusdikpassus ke sini, supaya efektif dan efisien,” ujar Gatot Nurmantyo di hadapan sekitar 1200 prajurit Kopassus TNI AD, di Balai Komando, Cijantung, Jakarta.rencananya setelah itu beliau akan menyambangi markas Korps Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan.Ia sudah menghubungi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, untuk mengabarkan niatnya itu. Tapi rencana tersebut tidak bisa dilaksanakan,dikarenakan ada rapat para staf.

Gatot Nurmantyo merupakan anggota Kopassus TNI AD ,dalam pemaparannya ia menjelaskan bahwa kehadirannya ke Cijantung antara lain untuk menyampaikan rasa bangganya memimpin prajurit TNI, termasuk prajurit Kopassus yang menurutnya tidak pernah gagal dalam tugas, dan selalu setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Heralia/red

 

 

 

Readers Comments (0)




Tanggalan

October 2018
M T W T F S S
« Sep    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Baca Berita Lainnya

Alamat Redaksi

Jl. Raya Parung Km, 47,5 Plaza Haihoo Blok C No. 9 Telaga Kahuripan Bogor 16330 Hotline : 0856 902 9191 Sms : 0812 8420 9191 E-mail : sales@centerpoint.co.id
Technical Support
Admin

Sponsor Utama Besemah.com

bace bae ye lain