Sunday, November 18th, 2018

Lembaga Adat Tatar Sunda Rangkul Pegiat Aksara Sunda

Published on August 25, 2018 by   ·   No Comments

tatarsunda.com, Bogor -Bahasa dan aksara merupakan identitas kejayaan masa lalu, aksara awal dimulainya peradaban masa lalu. Aksara merupakan media komunikasi paling tua setelah bahasa.

Guna melestarikan aksara Sunda yang nyaris punah, Lembaga Adat Tatar Sunda berinovasi dengan membuat sekolah khusus aksara, tempat belajar dan diskusi serta tempat berkumpulnya para pegiat aksara di tatar sunda.

Ketua Lembaga Tatar Sunda, Diansyah Putra atau biasa dipanggil Abah Gumay mengatakan, sama seperti halnya aksara Arab, aksara Sunda mengenal rarangken, seperti pamaeh, panglayar, panyakra, paneuleung, panolong , panghulu, panyuku, panéléng, pamepet, pamingkal, pangwisad serta panyecek yang merupakan rumus tanda baca untuk mempermudah tehnik penulisan, yang tidak jauh berbeda dengan aksara Indonesia.

Sedangkan jenis aksara pun beragam dan sangat kaya, antara lain aksara Sunda baku, aksara carita ratu pakuan, aksara kawali, aksara gunung atau aksara buda SSKK. Namun ada juga aksara palawa, dan lain lain, yang diperkirakan dari aksara Sunda tersebut ada sekitar 10an aksara.

“Ke depannya kita akan membuat buku panduan tentang penulisan aksara Sunda yang baik dan benar, sebagai literatur aksara ke depannya,” ujarnya.

Bersama komunitas dan pegiat aksara, Lembaga Tatar Sunda juga akan mengadakan festival aksara guna memikat minat anak muda sebagai generasi penerus budaya sunda, agar ikut serta dalam melestarikan aksara di masa mendatang.

“Jangan sampai aksara kearifan masa lalu sunda pupus ditelan zaman, karena anak anak muda tidak peduli dengan budaya adiluhung, budaya para leluhur,” kata Diansyah didampingi Kepala Sekolah Aksara Sunda Tatar Sunda , Umarudin dan Wakil Ketua Umum Ki Edhi Salaka saat ditemui tim media di Saung Tatar Sunda di Lembah Juriq, Kampung Padati Mondok, Desa Ciaruteun ilir, Cibungbulang.

Ajat/Puskominfo

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!