Sunday, November 18th, 2018

Karukunan Tatar Sunda KTS, Gempungan Muara Beres

Published on July 31, 2018 by   ·   No Comments

tatarsunda.com, Bogor – Negarawan dan Budayawan Sepakat, Gempungan Muara Beres budayawan dari berbagai kalangan se jawa barat datang berkumpul dilokasi yang teduh dan nyaman ditepi sungai ciliwung yang di kelilingi hutan bambu buatan hasil rancangan dan sentuhan seni sang profesor bambu Ki Jatnika Nangga Miharja yang kiprahnyadi bidang bambu merambah hingga kemancanegara.

Memang sangat pas dan cocok tempat tersebut untuk digunakan sebagai ajang silaturahmi dan sarasehan seperti yang sedang berlangsung saat ini, Budayawan yang datang dari pelosok jawa barat diantaranya dari Bandung, Garut, Pangandaran, Kuningan, Cirebon, Banten, dan Utusan Dari Bogor diantaranya perwakilan dari Lembaga Tatar Sunda Yaitu Ki Edi Salaka Mewakili Ketua Umumnya Diansyah Putra Gumay SE, S.KOM, MM.

Dalam sarasehan budaya sunda tersebut dihadiri oleh 2 Orang Negarawan handal yang juga budayawan beliau bapak Dr.Ir. H.Padlizounia pemegang rekor dunia muri kujang terbesar dan klujang.
Bapak Profesor Dr.Ir. H. Yudi Istrandi Dubes Luar biasa Indonesia Untuk Negara Ukraina, dari sarasehan tersebut menghasilkan butir-butir kesepakatan bersama para budayawan yaitu diantaranya untuk bersama melakukan penanaman hutan kembali di hulu-hulu sungai, aksi nyata membersihkan dan menjaga kebersihan sepanjang aliran sungai Citarum, Mensosialisasikan baik aksara dan bahasa sunda yang mulai terkikis penggunanya bahkan aksara sunda yang nyaris musnah.

Bapak Dr.Ir. H.Fadlizon dan Profesor Dr.Ir. H.Yudi Istrandi sepakat dalam Sambutannya bahwa seharusnyalah diantara para pelaku dan penggiat budaya sunda dan komunitas-komunitas kesundaannya untuk bekerjasama membangun daerah atau tatar sunda tercinta.

“Ulah pakia-kia pagirang girang tampian berdiri sama tinggi duduk sama rendah”, Sarasehan yang penuh keakraban dan bernuansa sunda yang kental semakin menyentuh rasa di iringi denting suara kecapi suling yang di hasilkan dari permainan jari-jari trampil dan tiupan suling indah peniupnya Ust. Abah Tatang dan Tim yang juga anggota Lembaga Tatar Sunda, Agenda dari acara sarasehan tersebut diakhiri dengan Halal Bihalal Dan Ramah Tamah Serta Photo Bersama.

Umarudi, EN / RED

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!