Monday, November 19th, 2018

IRTAWIS MENJADI WADAH KEGIATAN REMAJA MAJLIS BAGI WARGA KP. LEBAK ELA DESA. CIDOKOM – RUMPIN – BOGOR

Published on February 27, 2018 by   ·   No Comments

af859482-a682-44cc-bdf5-b44e35b021d5

Lensa Tatar Sunda..
BOGOR 27 Februaru 2018. Irtawis adalah grup band tepuk dgn perkusi alat musik utamanya adalah merupakan alat yg berkolaborasi dri kesenian dari timur tengah dgn kesenian dri betawi. yg setiap lirik nya tercermin berbagai puji – puji an dan menunjukan kecintaan nya kepada sang pencipta.

Di setiap kesenian marawis ini hampir identik dgn kesenian sufi. karna disetiap lirik lagu yg dibawakan selalu mengandung puji – puji an kepada yg maha pencipta dan kepada para rosulullah..

Banyak nya alat yg digunakan di dlm kesenian ini sehingga bisa membuat para pecinta musik marawis ini menjadi swmakin banyak pula. Berikut nama – nama alat yg digunakan dalam grup band irtawis diantaranya :
1. Marawis
2. Hajir
3. Dumbuk pinggang
4. Dumbuk batu
5. Simbal dan tamborin
6. Darbuka / Caltiq

Usia marawis itu sendiri cukup lumayan lama sekitar 400 thn yg lalu. Musik marawis ini awal mulanya berasal dari daerah kawasan kuwait. Yang kemudian seiring berjlan nya waktu dan seiring berberkembangnya jaman. Musik ini di adopsi oleh negara yaman sehingga menjadi lebih populer. Kemudian kesenian ini dibawa ke indonesia oleh para pedagang dan para ulama yg berasal dari yaman. Musik marawis ini sering digunakan pada acara perayaan hari – hari besar islam terutama pada acara maulid nabi. Musik marawis ini juga dulu sering digunakan sebagai alat bantu berdakwah para wali songo atau wali sembilan. Karna musik marawis itu sendiri berisi syair lagu puji – puji an kepada sang pencipta dan kepada para waliyullah.

Dibogor barat lebih tepat nya di daerah Kp. Lebak Ela Desa Codokom Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Dibawah pimpinan Hidayatullah atau sering di sapa kang dayat. Marawis ini cukup berkembang pesat dikalangan remaja di wilayah nya. dankang dayat menamakan grup marawis nya dengan sebutan ” IRTAWIS ” nama tersebut kini telah cukup melekat di kalangan masyarakat luas. Nama irtawis itu sendiri kepebdekan dari Ikatan Remaja Pecinta Marawis Nurul Hasanah. Dan irtawis ini dibentuk oleh kang dayat beserta para remaja meajid lain nya pada hari sabtu tanggal 06 Desember 2014 di majlis Nurul Hasanah Kp Lebak Ela Rt. 003/10 Desa Cidokom Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor.

Grup irtawis ini yg beragotakan 11 orang terdiri dari 10 orang pemain dan 1 orang vokalis. Dan dalam kurun waktu 3 tahun irtawis ini sudah sering pentas di beberapa wilayah kecamatan diantaranya Kecamatan Rumpin. Kecamatan Lewiliang. Kecamatan Ciampea dan wilayah – wilayah lain nya seperti Tangerang. Selain daripada itu irtawis juga telah mendapatkan beberapa penghargaan dri IPB Bogor. Dari kecamatan Rumpin yaitu dari Bpk. Drs. ZULKIFLI AM.MM. Dan dari beberapa desa juga yg Berada di Bogor Barat.

Grup irtawis ini juga kini mampu mewadahi para remaja meajid yg ada di wilayah Kp. Lebak Ela Rt. 003/10 Desa Cidokom Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor yang kini sudah terbentuk sekertariat sekaligus tempat berkumpulnya dan berlatih para remaja irtawis. Dan untuk kedepan nya. Semoga grup band irtawis ini bisa lebih berkembang lagi ke kalangan yang lebih luas dan semoga bisa masuk ke dapur rekaman ujar kang dayat kepada awak media tatar sunda pada saat itu hari minggu tanggal 25 Februari 2018 di majlis Nurul Hasanah…

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!