Sunday, November 18th, 2018

Diansyah Putra Kukuhkan Kepengurusan Baru Posbakum Tatar Sunda

Published on July 10, 2018 by   ·   No Comments

tatarsunda.com, Bogor – Paralegal adalah orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan hukum atau sarjana hukum berarti Paralegal mempunyai pendidikan yang bukan pendidikan hukum tapi menguasai hukum atau mengerti hukum, untuk menjadi Paralegal harus mempunyai Sertifikat dan Kartu Tanda Anggota yang dikeluarkan oleh Organisasi Lembaga Bantuan Hukum.
Tugas Paralegal dan exsistensi PARALEGAL’ tdk diragukan lagi, mengacu pd kputusan MK nomor 88/PUU-X/2012 bahwa aktifis paralegal boleh memberi bantuan hukum sesuai pengetahuan dan ilmu hukum yg dimiliki. Mengacu pd UU nomor 16 tahun 2011′ tentang bantuan hukum. dan telah memberikan legitimasi yuridis terhadap exsistensi aktifis PARALEGAL’ sebagai dr bagian pemberi bantuan hukum’ baik mlalui pengadilan ato non pengadilan’ LITIGASI/NON LITIGASI.
tugas PARALEGAL mlakukan penyelidikan2 awal pada kasus2 pidana atau perdata sblm ditangani pada persidangan. Melaksanakan program2 hukum. Membantu masyarakat dalam membuat pernyataan hukum. Mengumpulkan bukti2 yg dibutuhkan dan informasi lain yg relevan untuk kepentingan pembelaan perkara. PARALEGAL mendapatkan jaminan perlindungan hukum keamanan dan keselamatan aktifitas hukum.
Sebagai paralegal yg sdh teregistrasi dan bersertifikasi kita harus bertanggung jawab utk terus menggali dan memperdalam ilmu ilmu hukum agar saat pendampingan kita sdh layak sebagai predikat yg tersurat dan tersirat di UU Bantuan Hukum No.16 th.2011 dan diperkuat eksistensinya dg Permenkumham no.01 th 2018. pasal 11..
Mari sama sama berbagi dan menggali ilmu ilmu hukum berlandaskan norma etika dan akhlaq.
Posbakum tatar sunda sampai saat ini sudah banyak membantu masyarakat, di tatar sunda 90 persen Sosial, ketika ada anggota meminta pandampingan hukum, seperti berurusan dengan leasing, hak mereka dirampas dijalanan, ketika mereka yang kesulitan pengurusan administrasi di Rumah sakit, di sekolah dan sebagainya, kami siap membantu, team Legal dan para legal lembaga bantuan hukum tatar sunda yang memiliki tenaga profesional didalamnya, ada mantan hakim agung Adang waluya, SH, MH, ada jaksa agung muda Ade Gozwa, SH, Notariat Yaseer Arafat, SH, Mkn, ada TNI , Polri dan ada lawyer Senior anggota Peradi Ustadz Sholahudin dalimunthe, SH, MH ketua DPC partai bulan bintang Kabupaten Bogor sebagai penasehat YLBH ini, kami bahu membahu dalam membantu masyarakat sehingga keberadaan lembaga ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat.
Posbakum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Tatar Sunda ini diawaki oleh M Shihabudin Al Faiz sebagai Ketua, Oding, Dudung Setiawan, Umarudin, M Abdurohman dan lain lain
YLBH yang beralamat di Saung Tatar Sunda jalan Lapangan Tembak 300 Kampung padati Mondok Desa Ciaruteun Ilir kec Cibungbulang.

Umarudin / red

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!