Friday, January 18th, 2019

Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) Gelar Gagasan event Festival Tunggul Kawung (FTK)

Published on December 19, 2018 by   ·   No Comments

Tatarsunda, (Bogor) – Gagasan event Festival Tunggul Kawung (FTK) yang dicetuskan oleh Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) kembali digelar. Event tahun kedua ini konsisten mengusung sebutan “Tunggul Kawung” dalam bentuk festival.

Puncak kegiatan Festival Tunggul Kawung (FTK) ini dibuka oleh Wakil Walikota Usmar Hariman, Kadisbudparekraf Kota Bogor, Ketua PHRI, Asosiasi General Manager Hotel Bogor Raya serta dihadiri juga oleh ratusan budayawan dan pecinta seni yang dilaksanakan di Gedung Kemuning Gading Jln Kapten Muslihat  Kota Bogor,Rabu 19/12/18.

Selain diikuti oleh sanggar-sanggar dan komunitas seni di Kota Bogor, kompetisi kreatif ini juga mengundang perwakilan daerah seperti Ciamis, Karawang, Purwakarta, Subang dan Banten. kegiatan ini berbeda dengan festival tahun kemarinnya yang hanya melibatkan Kota dan Kabupaten Bogor saja, Disampaikan Usmar dalam sambutannya.

“Sebagai nama lain dari Bogor, Tunggul Kawung secara khusus mengangkat bentuk kompetisi alat musik tabuh (membranophone), yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran membran, kulit atau selaput “, ujarnya.

Lanjut Usmar, Kegiatan seperti wajib kita budayakan, perhelatan setiap tahunnya harus semakin meriah. Karena inilah mimpi besar pihak Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor yang harus kita support dan bantu dalam setiap eventnya, imbuhnya.

Ki Akew Selaku Ketua Umum dari Pencinta Seni Budaya Jawa Barat ( PSB Jabar ) yang hadir dalam acara ini, turut mengapresiasi acara festival seperti ini, karena salah satu contoh pementasan  Rampak Gendang ini jarang di temukan,
dan tentunya bisa menjadi suatu kebanggaan bisa mempopulerkan kesenian yang sarat dengan nilai-nilai budaya, ucapnya.

” Olahan kreatif dari unsur bunyi khas dari alat musik tabuh atau tepuk yang dikreasikan dengan gerak atau kareografi yang atraktif tentu ini  menjadi sajian yang sangat istimewa, dan pastinya menarik untuk ditonton untuk kita semuanya. Ditambah salah satu pesertanya dari Sanggar Gandes Pamantes Bogor pimpinan Indi Pepriani yang pelatih sekaligus pemainnya adalah Mang Endang anggota dari PSB Jabar Itu sendiri “, Pungkas Ki Akew.(ddn)

Hera/Red

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!