Saturday, December 15th, 2018

CONGKLAK

Published on April 10, 2016 by   ·   No Comments

congklak

Kali ini kita akan mengenal lebih jauh permainan yang namanya congklak. Ada yang tahu apa itu permainan congklak teman-teman kecilku semua? Yuk kita mengenal lebih jauh.

Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil.

Di Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak, dakon, dhakon atau dhakonan. Di beberapa daerah di Sumatera yang berkebudayaan Melayu, permainan ini dikenal dengan nama congkak. Di Lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban, sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan beberapa nama: Mokaotan, Maggaleceng, Aggalacang dan Nogarata.

Permainan ini di Malaysia juga dikenal dengan nama congkak, sedangkan dalam bahasa Inggris permainan ini disebut Mancala. Wah, permainan ini sungguh familiar ya sahabat.

Nah, ada yang seru dan unik lagi tentang permainan ini. Biasanya didaerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Permainan congklak ini dimainkan di tanah. Dan bijinya itu biasanya batu-batuan sungai. Yang tidak terlalu besar dan cocok untuk dimainkan berdua bersama sahabat kecil kita yang lain. Jadi jangan sombong sama sahabat kecil kita yang berada di kampong-kampung. Karena sebenarnya permainan ini berasal dari sana. Dan yang kita mainkan dengan peralatan yang sudah mewah ini itu adalah hasil inovasi dari kakak-kakak kita yang merindukan congklak ini tetap abadi.

Bagaimana sahabat? Rasanya pengen main congklak lagi yah… yuk kita bilang sama mama kita agar kita dibelikan congklak dan bisa bermain dirumah. Pasti seru … !

Readers Comments (0)




alertThis is the POST COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!
alertThis is the FAR COLUMN and is ready for widgets, click here to add some now!